BolehSAJA.net

12 Aug 2014

Variabel Penelitian

Posted on: No Comments

Oleh:

M. Jainuri, M.Pd

 

mikirSebelum menyusun instrumen/ alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian ilmiah, maka perlu dikaji secara mendalam variabel-variabel yang diukur. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang suatu variabel akan menentukan pemilihan teknik pengumpul data dan instrumen yang sesuai. Sehingga akan meminimalisir bias atas kesimpulan yang didasarkan pada data yang diperoleh dari pemilihan teknik dan instrumen yang tidak tepat.

Kata variabel berasal dari bahasa Inggris variable yang mempunyai arti: “ubahan”,”faktor tak tetap”, atau “gejala yang dapat diubah-ubah. Dalam studi ilmiah, kita mengamati dan merekam beberapa karakteristik dan hal-hal yang dialami di dunia nyata. Jika yang kita amati berubah dari waktu ke waktu hingga menimbulkan perbedaan antara subyek yang satu dengan yang lain, maka obyek tersebut kita nyatakan bervariasi. Jadi, variabel merupakan segala sesuatu yang ada, baik berupa gejala, karakteristik, perilaku, atau keadaan kemunculannya diasumsikan berbeda-beda satu dengan yang lain (mempunyai variasi).

Karakteristik yang dimiliki satuan pengamatan keadaan yang berbeda-beda (berubah-ubah) atau memiliki gejala bervariasi dari satu satuan pengamatan ke satuan pengamatan yang lain, atau untuk satuan yang sama, karakteristiknya berubah-ubah menurut waktu atau tempat. Karakteristik adalah ciri tertentu pada obyek yang kita teliti (kita periksa, amati, ukur atau kita hitung), yang dapat membedakan dengan obyek lainnya. Rasyid (2004) dengan tegas menyebutkan bahwa variabel adalah karakteristik yang dapat diklasifikasikan ke dalam sekurang-kurangnya dua buah klasifikasi (kategori) yang berbeda, atau yang dapat memberikan sekurang-kurangnya dua hasil pemgukuran atau hasil perhitungan yang nilai numeriknya berbeda. Contoh variabel adalah skor tes, hasil belajar, jenis kelamin, sikap, motivasi, minat, IQ, EQ, SQ, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, dan lain-lain.

Variabel dalam penelitian dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Variabel Independen (variabel stimulus, prediktor, antecedent) atau variabel bebas: variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).

Variabel dependen(variabel output, kriteria, konsekuen) atau variabel terikat: variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.

Variabel moderator: variabel yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen.

Variabel Intervening: variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur. Merupakan variabel penyela/ antara yang terletak antara variabel independen dan dependen sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. Contoh: Tinggi rendahnya penghasilan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap harapan hidup. Variabel interveningnya, yaitu berupa gaya hidup seseorang. Di antara variabel penghasilan dan gaya hidup terdapat variabel moderator yaitu budaya lingkungan tempat tinggal.

Variabel kontrol: variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti.Contoh:    Pengaruh jenis pendidikan (SMA dan SMK) terhadap keterampilan mengetik. Variabel independennya pendidikan, variabel kontrol yang ditetapkan sama misalnya naskah yang diketik sama, mesin tik (komputer) yang digunakan sama, ruang tempat mengetik sama.

 Untuk menentukan kedudukan variabel independen dan dependen, moderator atau variabel yang lain, harus dilihat konteksnya dengan dilandasi konsep teoritis yang mendasari maupun hasil dari pengamatan empiris di tempat penelitian (studi teoritis, grandtour/ studi pendahuluan).

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

More About: Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.
View More Posts By Jen Kelana
Posted on: 12/08/2014 | Tags: , , , |

Leave a Reply


Slideshow

Boleh Arsip

Mungkin sahabat ingin juga membaca:close