Statistika Deskriptif

oleh

M. Jainuri, M.Pd

statdesData mentah yang dikumpulkan menggunakan instrumen yang tepat dalam penelitian, belum secara langsung dapat memberikan informasi maksimal. Data perlu diolah terlebih dahulu melalui tahapan: editing, koding dan tabulasi data (tahapan deskriptif), analisis dan interpretasi data (tahapan inferensial). Pada proses editing data yang telah terkumpul perlu dibaca kembali untuk melihat apakah ada hal-hal yang masih meragukan. Proses editing bertujuan untuk memperbaiki kualitas data dan menghilangkan keraguan data. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses editing adalah: kelengkapan dan kesempurnaan data, kejelasan tulisan, kejelasan makna jawaban, konsistensi data, keseragaman satuan yang digunakan dalam data (uniformitas data) dan kesesuaian jawaban. Setelah tahap editing selesai, maka data-data yang berupa jawaban-jawaban responden perlu diberi kode untuk memudahkan dalam menganalisis data. Hal ini sangat penting artinya, apalagi jika proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer. Tahap berikutnya tabulasi data yang merupakan proses pengolahan data yang dilakukan dengan cara memasukkan data ke dalam tabel atau daftar untuk memudahkan dalam pengamatan dan evaluasi. Hasil tabulasi data ini dapat menjadi gambaran tentang hasil penelitian, karena data-data yang diperoleh dari lapangan sudah tersusun dan terangkum dalam tabel-tabel yang mudah dipahami maknanya. Selanjutnya peneliti bertugas untuk memberi penjelasan atau keterangan dengan menggunakan kalimat atas data-data yang telah diperoleh.

Berdasarkan keterangan di atas, dapat diperjelas mengenai pengertian statistika deskriptif. Menurut Spiegel dan Stephens (1999:1) menyatakan statistika deskriptif merupakan fase atau bagian dari ilmu statistika yang hanya bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan serta menganalisis suatu kelompok yang diberikan tanpa melakukan proses penarikan kesimpulan atau inferensi tentang kelompok yang lebih besar atau luas. Sementara itu Walpole (1993:2) statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga memberikan informasi yang berguna. Secara sederhana statistika deskriptif (descriptive statistics) disebut juga ststistika deduktif atau statistik sederhana adalah mencakup cara menghimpun, menyusun, mengatur, mengolah, menyajikan, dan menganalisis data angka agar dapat memberikan gambaran yang teratur, ringkas dan jelas mengenai suatu gejala, peristiwa atau keadaan sehingga dapat ditarik pengertian atau makna tertentu

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

Add Comment