Statistik Desksritif di SPSS

Pengukuran Deskriptif

9Pengukuran deskriptif pada dasarnya memaparkan secara numerik ukuran tendensi sentral, dispersi dan distribusi suatu data. Tendensi sentral mengukur pemusatan data. Ada beberapa ukuran umum tendesni sentral yang sering digunakan, yaitu: Mean/rata-rata, Median dan Modus. Dispersi mengkur penyebaran suatu data. Beberapa ukuran umum dispersi yang sering digunakan, yaitu: standar deviasi (simpangan baku), varian dan standard error mean (S.E Mean). Distribusi mengukur distribusi suatu data, ukuran umum yang sering digunakan adalah skewness (kemiringan) dan kurtosis (keruncingan) suatu distribusi data.

 SPSS mengkategorikan analisis statistik deskriptif dalam 5 kategori, yaitut: Frequencies, Descriptive, Explore, Crosstab, dan Ratio.   Pada SPSS analisis statistik deskriptif dilakukan dengan cara klik: Analyze > Descriptive Statistics.

Ketik data berikut untuk entry data:

 

Nama

Umur

Jenis Kelamin

Nilai

Statistik Deskriptif

Statistik Inferensial

Metode Penelitian

Atun

21

Perempuan

80

60

70

Paijo

20

Laki-Laki

70

80

90

Bedul

21

Laki-Laki

90

60

80

Upik

19

Perempuan

80

90

60

Butet

20

Perempuan

60

70

80

Ucok

22

Laki-Laki

90

60

70

Maimunah

21

Perempuan

70

80

80

Markonah

21

Perempuan

60

70

60

Astri

20

Perempuan

80

80

60

Boim

22

Laki-Laki

70

80

90

Langkah-langkah entry data sebagai berikut:

 

  • Masukkan variabel: Nama untuk “Nama”, Umur untuk “Umur”, Gender untuk “Jenis Kelamin”, Stat_Des untuk “Nilai Statistik Deskriptif”, Stat_Inferen untuk “Nilai Statistik Inferensial”, dan Metopen untuk “Nilai Metode Penelitian” pada kolom Name pada tab sheet [Variable View].
  • Berilah label untuk masing-masing variabel dengan menuliskannya pada kolom Label: Umur, Jenis Kelamin, Nilai Statistik Deskriptif, Nilai Statistik Inferensial, dan Nilai Metode Penelitian. Hal ini berarti: variabel Gender mempunyai label “Jenis Kelamin”, variabel Stat_Des mempunyai label “Nilai Statistik Deskripsi”, dan seterusnya.
  • Untuk variabel Gender pada kolom Values, definisikan Value: 1 = Laki-laki dan Value: 2 = Perempuan.
  • Untuk variabel Nama (baris pertama ) pada kolom Type, ubah tipe data menjadi String.
  • Pada kolom Decimals isi nol untuk semua variabel.
  • Untuk kolom lainnya seperti Width, Missing, dan Columns biarkan tetap default SPSS atau anda sesuaikan dengan keinginan.

Simpan file atau ”save”  atau tekan Ctrl + S. Beri nama file: 2_Statistik Deskriptif, dan simpan pada folder anda (folder nama anda dan kelas).

Lebih lengkap download materi di sini.

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

Add Comment