SPSS: Analisis Data Prediktif

3Analisis regresi digunakan untuk memprediksi (prediktif). Variabel X hasil pengukuran yang disebut prediktor digunakan untuk memprediksi atau mengestimasi besaran variabel (Y) yang disebut kriterion. Analisis regresi berhubungan sangat erat dengan korelasi, karena setiap regresi pasti didahului korelasi. Korelasi dapat dilanjutkan pada analisis regresi apabila antar variabelnya memiliki hubungan kausal atau fungsional. Untuk menetapkan ada hubungan atau tidak harus didasarkan pada teori atau konsep tentang dua variabel.

 Syarat melakukan analisis regresi adalah kedua data yang dihubungan memiliki skala pengukuran interval atau rasio, data berdistribusi normal dan hubungan kedua variabel harus linear.

 a)        Regresi Linear Sederhana

 Regresi linear sederhana bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsional (pengaruh atau meramalkan pengaruh) antara variabel independen terhadap variabel dependen. Analisis korelasi yang tidak dilanjutkan dengan analisis regresi adalah analisis korelasi yang kedua variabelnya tidak mempunyai hubungan fungsional dan sebab akibat.

 Secara singkat regresi linear sederhana dalam penelitian berguna untuk : mendapatkan hubungan fungsional antara satu variabel bebas dengansatu variabel terikat atau mendapatkan pengaruh antara variabel prediktor terhadap variabel kriterium atau meramalkan pengaruh variabel prediktor terhadap variabel kriterium. Kegunaan lain dari regresi linear sederhana adalah untuk mencari linearitas data. Rumus :

  ŷ= a + bX untuk sampel

 Ŷ = α + βX   untuk populasi

 Di mana :

Ŷ    = (dibaca Y topi) subjek variabel terikat yang diproyeksikan

X    = variabel bebas yang mempunyai nilai tertntu untuk diprediksikan

a     = nilai konstanta harga Y jika X = 0

b     = nilai arah sebagai penentu ramalan (prediksi) yang menunjukkan nilai penambahan (+) atau nilai penuruan (-) variabel Y

 

Selanjutnya KLIK DI SINI !

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

2 thoughts on “SPSS: Analisis Data Prediktif

Add Comment