SPSS: Analisis Data Komparatif (t-test)

3Komparasi berasal dari kata comparison (Eng) yang mempunyai arti perbandingan atau pembandingan. Teknik analisis komparasi yaitu salah satu teknik analisis kuantitatif yang digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada atau tidaknya perbedaan antar variabel atau sampel yang diteliti. Jika ada perbedaan, apakah perbedaan itu signifikan ataukah perbedaan itu hanya kebetulan saja (by chance).

 Dalam penelitian komparasional yang melakukan pembandingan antar mean satu atau dua sampel, yaitu apakah memang secara signifikan mean satu atau dua sampel yang diperbandingkan atau dicari perbedaannya itu memang berbeda, ataukah perbedaan itu terjadi karena kebetulan saja (by change) dapat menggunakan Uji-T atau T-Test dan Chi Kuadrat (Chi Square).

 Uji-T atau T-Test adalah salah satu test statistik yang dipergunakan untuk menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis nol/nihil (Ho) yang menyatakan bahwa di antara dua buah mean  sampel yang diambil secara random dari populasi yang sama tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

 1.        One Sample T-Test

 Analisis perbandingan satu sampel dikenal dengan Uji-T atau T-Test (one sample t-test) dan uji-Z. Tujuan Uji-T atau Uji-Z adalah untuk mengetahui perbedaan mean variabel yang dihipotesiskan . Rumus Uji-T dan Uji-Z, yaitu :

Selengkapinya KLIK DI SINI!

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

3 thoughts on “SPSS: Analisis Data Komparatif (t-test)

  1. saya sedang menyusun PTK tentang PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG. untuk menganalisa hasil test / belajar mulai dari pre test, hasil tes siklus I, II dan siklus III, maka analisa t-test jenis apa yang harus saya gunakan ?. terima kasih.

  2. Sahabat Kasnan, karena metode penelitian yang anda lakukan adalah PTK, tentu fungsi t-test di sini adalah untuk uji beda yaitu untuk mengetahui perbedaan dari pre-test, siklus I, II dan III (bukan t-test yang digunakan untuk uji signifikansi). Variabel yang anda ukur adalah hasil belajar maka tingkatan data berupa data interval, tepat jika anda menggunakan t-test. Namun demikian perlu diingat, perlu dipenuhi syarat menggunakan t-test. Terima kasih sudah berkunjung.

  3. Saya ingin menanyakan jenis analisis apa yang saya gunakan, judul skripsi saya ” PERBANDINGAN PENGARUH INDEKS MASSA TUBUH ORANG PEROKOK DENGAN BUKAN PEROKOK TERHADAP PENYAKIT JANTUNG DI RSUD” itu bisa pake uji -t atau pake apa ya? Terimakasih

Add Comment