Membuat Grafik di SPSS

21Dalam statistik tabel dan grafik berperan untuk pengorganisasian data sehingga apabila data tersebut disajikan ala akan menghasilkan informasi yang lebih bermakna. Dengan bantuan tabel dan grafik maka akan lebih mudah memahami data dan informasi yang terkandung di dalamnya.

SPSS memiliki tiga fasilitas dalam membangun grafik, yaitu melalui: Chart Builder, Graphboard Template Choosher dan Legacy Dialog. Menu grafik akan membuat berbagai jenis grafik populer: bar, Ine, histogram, dan sebagainya. Selain itu menu grafik dilengkapi dengan berbagai fasilitas agar grafik bisa divariasi.

Untuk membuat sebuah grafik, data yang digunakan pada dasarnya bisa data kualitatif ataupun data kuantitatif. Namun demikian tipe grafik tertentu dapat saja lebih cocok digunakan untuk data tertentu.

Lebih lengkap download materi di SINI.

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

Add Comment