Membangun Data di SPSS

Ringkasan Materi :

4SPSS (Statistical Product And Service Solution) merupakan program yang digunakan untuk melakukan perhitungan statistik menggunakan komputer. Kelebihan program ini adalah kita dapat melakukan secara lebih cepat semua perhitungan statistik dari yang sederhana sampai yang rumit sekalipun, jika dilakukan secara manual akan memakan waktu lebih lama.

 1.    Persiapan data

Sebelum dilakukan pengolahan data terlebih dahulu dipersiapkan variabel dan data-data yang akan diinput di program SPSS. Data-data yang akan diolah memiliki aturan tertentu, seperti: tipe variabel (numeric, Dae, string, dsb) dan ukuran data.

 2.    Ukuran data

Ukuran data sangat penting diketahui sebab akan menentukan analisis apa yang akan digunakan. Pada SPSS ada tiga ukuran data, yaitu: nominal, ordinal dan scale.

  • Nominal adalah data yang diperoleh dari hasil kategorisasi dan menunjukkan sesejajaran. Misalnya: 1 = pria dan 2 = wanita.
  • Ordinal adalah data yang diperoleh dari kategorisasi dan mempunyai ranjing (bertingkat). Misalnya: 1 = sangat tidak baik, 2 = tidak baik, 3 = baik, 4 = sangat baik.
  • Scale adalah data yang didapatkan bukan dari kategorisasi, data ini berupa data interval dan rasio. Pada data ini dapat dilakukan operasi matematis (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian). Misalnya: data pendapatan, data tinggi badan, nilai siswa, biaya produksi, penjualan, dsb.

 3.   Variabel

Variabel merupakan konsep yang nilainya bervariasi atau berubah-ubah. Ada beberapa macam variabel, sebagai berikut:

  • Variabel dependen (variabel terikat) adalah variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel lain. Contoh: tingkat produksi, tingkat penjualan, harga saham, hasil belajar, kepuasan konsumen, All.
  • Variabel independen (variabel bebas) adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen. Contoh: motivasi, biaya produksi, kepribadian siswa, luas lahan, jumlah pupuk, All.
  • Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau variabel yang nilainya dibuat tetap, hal ini agar tidak dipengaruhi oleh variabel lain.
  • Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

 

Lebih lanjut download materi selengkapnya di sini!

 

Jen Kelana

Jen Kelana adalah nama pena dari Muhammad Jainuri, S.Pd., M.Pd, Lahir di Nganjuk (Jatim), besar di Sumut dan Jambi. Menulis puisi, cerpen, feature, esai, artikel, dan karya ilimiah. Puisi dan cerpennya terangkum dalam antologi tunggal dan bersama. Sebagian karyanya dipublikasikan di media massa dan media digital. Hobby elektronik, hardware, software, komputer dan web develover di samping menekuni bidang matematika, statistika, dan penelitian pendidikan. Aktifitas sebagai kuli di STKIP YPM Bangko.

Add Comment